Media/publishing Photography

Pemenang Lomba Foto National Geographic Traveler 2013

Share

Akhirnya, pemenang dari lomba foto National Geographic Traveler 2013 telah diumumkan. Lomba yang diadakan untuk ke-25 kalinya ini menyaring lebih dari 15.500 foto dari seluruh dunia yang diambil oleh para fotografer profesional berpengalaman. Pemenang pertama tahun ini berasal dari Brasil, oleh Wagner Araujo dengan fotonya yang berjudul “Dig Me River”. Tak ketinggalan pula, rupanya ada salah satu pemenang yang berasal dari Indonesia. Siapakah dia?

Para pemenang di lomba foto ini ditentukan oleh juri dari pihak National Geographic Traveler. Hadiah bagi pemenang pertama adalah kunjungan ke kepulauan Galapagos selama 10 hari untuk dua orang. Adapun pemenang kedua mengikuti workshop National Geographic Photography selama 7 hari di Santa Fe dan pemenang ketiga mengikuti pelatihan berlayar di Maine windjammer selama 6 hari untuk 2 orang. 7 pemenang harapan lainnya mendapatkan hadiah gift card senilai U$ 200 dari B&H Photo dan foto miliknya yang dicetak ke dalam bingkai khusus yang menarik.

Pemenang Pertama: Dig Me River

Wagner Araujo – “Saya sedang berada di Manaus, Amazonas. Waktu itu ada lomba Brazilian Aquathon (renang dan lari). Saya memotret dari air dan lensa saya basah semua, namun setelah saya melihat energi semangat pada foto itu, saya tidak jadi khawatir (akan kamera saya)”

Pemenang Kedua: Thunderstorm at False Kiva

Max Seigal – “Saya ingin memotret reruntuhan itu dengan latar belakang Bima Sakti, namun badai datang mendekat, hasilnya gambar yang benar-benar dramatis.”

Pemenang Ketiga: Say cheese

Yanai Bonneh – Cheetah melompat di atas kendaraan penuh turis di Masai Mara, Kenya

Harapan: The TataHonda sect

Gergely Lantai-Csont – Sang fotografer berhasil masuk ke sebuah suku tertutup bernama Tatahonda di Republik Kongo. Para perempuan tersebut sedang mengikuti acara ritual keagamaan.

Harapan: Sakura

Hideyuki Katagiri – Mekarnya bunga Sakura di Jepang, namun bukan sembarang bunga Sakura. Ini adalah pohon sakura yang sudah sangat tua dan berjenis Edo-Higan.

Harapan: Children of Reindeer

Michelle Schantz – Mikael Ande adalah anak dari Sami seorang penggembala rusa. Mikael sedang beristirahat dari tugasnya menjaga rusa untuk di vaksinasi hari itu. Anak-anak penggembala rusa dilatih sejak dini oleh orang tua mereka untuk menggembala rusa.

Harapan: Piano play at sunset

Nikola Smernic – Suatu hari di Queenstown, Selandia Baru dekat tepi danau. Anak kecil duduk tercenung sambil mendengarkan dentingan piano yang mengalun indah.

Harapan: Portrait of an Eastern Screech Owl

Graham McGeorge – Ahlinya menyamar. Seekor burung hantu Eastern Screech (Pelengking dari Timur) sedang menyamar di sebuah batang pohon. Kamu harus memiliki mata yang tajam untuk dapat mengetahui keberadaan burung pemangsa ini.

Harapan: Guanjiang Shou

Chan Kwok Hung – Pertunjukan drama keliling Guangjiang Shou adalah salah satu pertunjukan kesenian tradisional yang terkenal di Taiwan. Dengan riasan wajah yang mencolok dan garang mereka mudah dikenali. Mereka sedang memerankan para pengawal dewa-dewi.

Harapan: Lady in Water

Marcelo Salvador – Seorang perempuan mengambil air di sungai dekat sebuah desa bernama Bagan, Myanmar, 2013

Pilihan Pembaca: Another perspective of the day

Dody Kusuma – Nelayan di Pantai Bira. Foto ini menjadi satu-satunya pemenang dari Indonesia. Meskipun bukan pemenang yang mendapat hadiah, prestasinya dalam lomba foto kelas internasional patut diacungi jempol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.